Berita Detil
Menampilkan berita dan
info
secara detil
13 . Februari . 2020
K3 Nasional Sulawesi Selatan, PT IKI Sabet Seluruh Penghargaan

Gubernur Sulawesi Selatan H. Nurdin Abdullah menjadi Irup pada upacara puncak Bulan K3 Nasional Provinsi Sulawesi Selatan bertempat di Halaman PT. PLN (Persero) Sulselrabar. (12/2/20) Pagi 

Seperti diketahui bulan Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) Nasional dilaksanakan selama 1 bulan dimulai tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari 2020.

General Manager PLN Sulselrabar selaku ketua panitia Bulan K3 Nasional Sulsel dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam bulan K3 Nasional ini telah dilakukan berbagai kegiatan seperti:Lomba futsal, Badminton, Cerdas Cermat K3, Yel yel K3, Penyebaran/publikasi K3 melalui Televisi serta penganugerahan penghargaan K3 dll.

Sementara itu dalam sambutannya Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah memberikan apresiasi kepada seluruh perusahaan baik BUMN maupun Swasta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan bulan K3 Nasional Sulsel ini sehingga gaungnya menggema bukan saja pada semua perusahaan tetapi juga pada lembaga pemerintah dan swasta, lapisan masyarakat termasuk pada level pelajar dan mahasiswa dan tak kalahnya juga pada anak/pelajar usia dini sudah mengerti apa itu K3.

Tak lupa Nurdin juga mengingatkan agar perusahaan selalu mengedepankan K3 dalam pekerjaan, mengingat untuk tahun ini Jumlah Kecelakaan di Sulsel meningkat sekitar -+20 perseb dari tahun sebelumya.” Kata Manta Bupati Bantaeng 

Nurdin Abdullah menambahkan bahwa dalam Revolusi Industri 4.0 saat ini perusahaan yang tidak ber K3 maka produk yang dihasilkan akan bertolak dengan sendirinya.” Kuncinya

Sementaranya untuk kategori penganugerahan, beberapa perusahaan BUMN dan Swasta mendapat penghargaan antara lain IKI, Pelindo, PLN, Pertamina dan lainnya termasuk beberapa perusahaan Swasta. Untuk IKI sendiri BUMN yang bergerak di bidang Industri Manufaktur Galangan Kapal untuk tahun ini menyabet seluruh Penghargaan.

Adapun penghargaan yang diraihnya adalah:

  • Sistem Managemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja SMK3.
  • Kinerja Keselamatan Dan Kesehatan Kerja
  • Pencapaian Kepatuhan Pelaksanaan Peraturan Ketenagakerjaan.
  • Kepatuhan P2K3 dan
  • Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident) dengan total Jam kerja 2.401.008 (dua juta empat ratus satu) jam kerja.

 

Ada hal menarik dari penganugerahan penghargaan ini karena selama 42 tahun Perusahaan yang bergerak pada industri kapal dengan kor bisnis pembuatan kapal baru dan reparasi atau Dock kapal ini baru pada tahun ini berhasil menyabet seluruh kategori tersebut.

Untuk tahun sebelumnya saja IKI hanya mampu meraih penghargaan zero Accident itupun hanya 1.000.000 lebih jam kerja tanpa kecelakaan.

Masih di tempat  yang sama, Dirut PT IKI, Edy Widarto menyampaikan apresiasi pada seluruh elemen karyawan yang telah melakukan usaha implementasi K3 dengan baik dalam perusahaan.

Bahkan beliau menyampaikan pesan khusus rasa terima kasihnya kepada Akbar Nur sebagai Manager K3LH IKI beserta seluruh stafnya yang telah melakukan berbagai upaya dan perbaikan dalam perusahaan sehingga perusahaan BUMN ini menyabet seluruh Penghargaan.

sumber: Jurnal8.com